RSS

4L4y

Kemarin iseng bongkar-bongkar facebook. Yaha, mainan facebook yang udah njamur dan tempatnya anak-anak alay. Yossshh, dulu gue juga alay! haha

Kalo dulu sih emang jama-jamannya reputasi alay lagi tinggi, dimana-mana kalo status facebook atau sms kalo tulisannya nggak rempong dibilang gak gawllss getooh.

Yekan ngaku deh pasti hampir semua bocah jaman sekarang pernah ngalamin masa-masa alay. Kalo jaman dulu sih bilangnya nggak alay, tapi entah dari mana kata-kata alay itu muncul di era jaman sekarang dan menyadarkan banyak kawula muda, syukurlah gue juga terselamatkan o:)

Najisssss kalo ngeflashback dan ngelihat isi facebook gue itu, hahaha! Dan agak terselamatkan sama quotesnya radityadika : Alay adalah proses menuju kedewasaan.

Freak! haha. Gue ngaku emang dulu pernah jadi anak 4L4y sesaat, tapi alay nya gue kurang profesional B) jiahaha, emang gue waktu itu alaynya cuma tulisannya yang ditambah-tambahin rempong, tapi gak pake huruf besar kecil kok B) contohnya ini



Na to the jiss, najiss coyy :D haha, itu tahun kapaaan -_-
Emang fenomena alay waktu itu lagi boomingnya yeh
Ini juga!

Yaa dan gue sekarang sadar, kalo tulisan 4L4y itu bisa bikin ngrusak mata, ngrusak otak, dan... mulesi alias bikin orang pen berak mual-mual -_-

Sekolah Kehidupan


Hidup itu seperti sekolah saja. Ada masanya kelas dasar. Ada masanya lulus. Yang berarti lulus dari hidup adalah mati. Mengapa saya analogikan seperti itu?

Permasalahan hidup yang sedang kita hadapi, bermacam bentuknya, bermacam rasanya adalah mata pelajaran dalam hidup. Seperti halnya matematika, bahasa, ipa, ips. Setiap masalah adalah mata pelajaran. Dan akan selalu ada ujian akhirnya untuk masuk ke tahap yang lebih berat lagi.

Karena namanya pelajaran. Maka seseorang yang lulus adalah orang yang telah mampu memahami dan mendapatkan pemahaman yang tepat dari mata pelajaran tersebut. Sama seperti masalah hidup, sejatinya dia didatangkan kepada kita untuk memberi kita satu pemahaman baru. Pelajaran hidup yang berharga. Seandainya kita gagal memahami dan mendapatkan pelajaran hidup itu. Maka yang terjadi sama seperti saat kita gagal lulus dalam satu mata pelajaran. Mengulang. Remidial. 

Akan terus seperti itu sampai kita dapat dikatakan lulus dari satu ujian. Yang perlu kita tahu adalah. Hidup bukanlah sekolah formal. Ini adalah sekolah kehidupan. Dimana gurunya bisa jadi sebatang rumput. Seekor burung. Sesosok manusia. Atau sebuah kejadian. Yang kelasnya bisa jadi alam raya, kehidupan sosial, interaksi manusia. Yang rasa mata pelajarannya bisa jadi rasa kecewa, rasa bahagia, patah hati, kesedihan. Apapun itu.

Ada pula orang yang berusaha men-skip mata pelajaran hidupnya dengan menghindarinya atau menyerah. Maka, perlu dipahami bahwa sejatinya untuk satu pelajaran hidup tersebut. Dia tidak pernah lulus. Kelak, di masa yang akan datang, bila ada permasalahan hidup yang serupa. Dia akan melakukan hal yang sama. Menghindarinya. Ketika anak-anaknya mengalami masalah serupa, dia tidak bisa memberikan nasihat dan bekal yang baik untuk anak-anaknya. Sebab dia sendiri tidak lulus.

Allah menyampaikan hikmah, menyampaikan pesan-Nya melalui masalah-masalah. Melalui ujian. Agar kita bisa merasakan dan memahami. Bahwa dalam sekolah kehidupan. Segalanya adalah praktikum. Bukan sekedar teori duduk manis di kelas kehidupan. Segalanya adalah bentuk tindakan, perasaan, dialami, di pahami.

Jika saat ini kita mengalami satu masalah hidup. Hadapi dan luluslah. Dan persiapkan diri untuk masalah hidup selanjutnya yang pasti jauh lebih rumit. Pelajaran terpenting dari setiap masalah sebelumnya digunakan untuk menghadapi masalah berikutnya. Begitu seterusnya. Hingga banyak pemahaman hidup yang masuk ke dalam hidup kita. Hingga kita bisa menjadi manusia yang arif dan bijaksana. Manusia yang dekat dengan Tuhannya. 

Jika saat ini kita mengalami satu masalah hidup. Berpikirlah berkali-kali ketika memilih untuk menghindarinya. Alamilah, rasakanlah. Sekalipun kita harus mengulang ujian hidup itu lebih dari satu kali. Percayalah bahwa itu adalah proses hidup yang memang menjadi milik kita. Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Dalam sekolah kehidupan, tidak penting orang lain lebih pintar atau lebih bodoh. Sekolah kehidupan mengajarkan bagaimana kita menjadi yang terbaik untuk diri kita sendiri.

Kelak, pemahaman itu akan menjadi bekal kita ketika menjadi guru untuk anak-anak kita. Ketika mereka mengalami masalah yang serupa dengan kita saat ini. Kita bisa memberikan nasihat terbaik berdasar pengalaman kita. Agar anak-anak kita bisa lebh cepat mencari jalan keluar dan memperoleh kehidupan yang jauh lebih baik. Itulah fungsi sekolah kehidupan. Memperbaiki masa depan siapapun. 

Sekolah kehidupan ini mengajarkan jauh lebih banyak. Dan orang-orang yang bisa bertahan hingga lulus adalah orang yang selalu memposisikan dirinya sebagai pembelajar. Banyak orang yang tidak lulus dalam hidup ini. Berhenti sekolah dan memilih keluar. Menjadi manusia yang tidak mengerti banyak tentang hidup. Sekedar menjalani hari menunggu mati. Sekolah kehidupan ini adalah bekal, selayaknya sekolah formal. Sekolah kehidupan adalah bekal kita untuk menuju kehidupan yang sesungguhnya. Kehidupan pasca sekolah. Yaitu, kematian.
Temanggung, 24 Desember 2013
(c) Kurniawan Gunadi


NB : tulisan ini repost dari postingan tumblr Kurniawan Gunadi 

My New Tumblr

Hayyy ;)
Selain disini aku juga baru buat tumblr baru ;)
http://ariesca-devy.tumblr.com/
Oke udah gitu aja :D

Art Tour #LatePost

Awalnya jadi perdebatan seru antara murid sama guru. Udah jadi agenda tahunan kan Art Tour ini buat kelas XI. Semacam kunjungan seni ke suatu tempat, nah tapi tahun ini agak melenceng dan jadi trending topic diantara para siswa kelas XI.

Dimana-mana kalau nemuin para siswa kelas XI yang lagi pada ngumpul ngerumpi di depan kelas mesti temanya itu, Art Tour. Geli, mereka pada protes karena 'awalnya' udah jadi mau diadain Art Tour buat kelas XI, tapi bapak kepsek gak menyetujui itu. Mereka bilang gak adil, padahal semua angkatan di atas kita udah pada ngrasain Art Tour.

Yang lebih bikin geli lagi dan bikin heboh seantero kelas XI, ada berita yang bilang kalo Art Tour tahun ini jadi, tapi buat kelas X, dan digratiskan.
Wahaha, ini emang freak banget -_-

Jujur sih aku juga ikutan kecewa, marah, kesel, rasanya gak adil banget. Dan kalo ketemu pak Tauffan dan nanyain hal itu, mesti jawabannya "ini yang ngurusin sepenuhnya Pak Tamsir" okelaah ini udah kelewatan. Di twitter juga gitu, heboh, mention-mention berterbangan bahas soal itu, apalagi plusplus digratiskan. Arghhh-_-

Beberapa hari kabar-kabar art tour udah sepi, udah lewat, udah gak dibicarain lagi sihh. Hari-hari menjelang UAS kita pada sibuk nyiapin diri, banyak tugas dan ulangan yang bejibun ngantri ada di list selama seminggu-dua minggu buat ulangan-ulangan. Aku juga udah susun jadwal plusplus les buat nyiapin ulangan.

Lalu kabar itu datang, tiba-tiba. Jiaah- awalnya malam itu-senin malam on twitter gitu terus pada bahas art tour yang katanya jadi buat kelas XI dan digratiskan dan berangkat hari rabu, whaaatt?! Awalnya seriusan kaget gak percaya gak nyangka gak gak... -

Tanya ke salah satu temen yang anaknya biro wisata, reka. Katanya emang bener, Art tour jadi buat kelas XI dan digratiskan dan berangkat besok Rabu.
Antara kaget, shock, seneng, bingung juga -_- dan ternyata emang bener, selasa kita masuk dan sepulang sekolah dikumpulin di aula buat sosialisasi art tour yang berangkatnya malemnya. Jam setengah tiga-an udah kelar sosialisasi nya, dan terus aku pulang. Waktu itu masih inget, langitnya mendung, gelaap banget, yakin kayaknya mau turun hujan. Daaaan di tengah perjalanan pulang hujan langsung turun deresss bangett, aku numpang neduh di depan toko hampir sejam.-

Udah sampai rumah basah kuyup dan buru-buru lapor orangtua soal art tour itu, awalnya mereka agak gak percaya juga, dadakan banget sih. Terus jam 4 aku bimbel dan jam 6 pulang, terus siap-siapin diri buat berangkat malemnya jam 1.

Gak sempet banyak foto-foto, pas di ISI juga gak sempet :( soalnya udah dilanda kantuk berat karena semalaman gak tidur bawaannya pengen tidur sambil berdiri-_-
Kita ke ISI surakarta, galeri affandi jogja, sama di malioboro



@ Galeri Affandi - Jogja














And finally with all classmates XI IPA 4

Hasil UTS #LatePost

Ini tanggal berapa? Bulan apa? Desemberrrrr \m/
Entah kenapa tapi ga kenapa-kenapa tapi ini bulan terhitung bulan yang ekstrim sekaligus nyenengin sekaligus musingin sekaligus malesin dan blabla.

Ini latepost pake banget bingit beud cumvaah~ *mulaialay* terakhir, kemarin selesai UTS kan yaa, nah itu tanggal berapa ya lupa. Itu pembagian broooo, pembagian hasil UTS cikidww..

Yawn banget, kalo gak lupa itu pas hari sabtu, tanggalnya lupa… jarang-jarang bangett sekolah pulang pagi. Dan kayaknya emang setahun sekali pulang pagi, dan juga baru kali itu pembagian hasil UTS mesti orangtua yang dateng. Yaemang sekalian rapat pleno sihhh~

Waktu itu aku sama dinda, yaa temenku, sohibku, plend ku dari esempe dan sekarang kelasnya sebelahan. Biasa sih, main beduaaa, kan pulang pagi sekitaran jam delapanan, anak-anak udah pada pulang dan aku sama dinda sama metod nisa alfid temen kelas sebelah dan anak-anak drumband masih di sekolah. Sengaja sih, orangtua kita rapatnya jam 11an, nah ini baru orangtua kelas 10 dulu yang rapat pleno di aula.

Aku ceritanya mau pulang bareng dinda gitu, etapi si dindanya lagi mau ngerjain tugas bahasa Indonesia nya mami teresia, mau syuting broooh~ nah kan emang udah pada pulang, nanggung, mau pulang juga males, jadi aku bantuin mereka gitu jadi cameramen cadangan buat kelompok mereka. Garing sih, kriuk, krenyess, pengen nyiramin pake air es seember.

*skip* jam 10an udah kelar, beres, selesai, finish, anak-anak drumband juga udah pada pulang selesai latihan. Nah tinggal aku sama dinda yang di sekolah sama anak-anak rohis yang ada di masjid. Eee ternyata si dinda malah mau bantuin walinya, bu odah, buat pembagian rapot hasil UTS nanti di kelasnya. Duileeeeh, nunggu sampe jam berapaa rapatnya aja baru mulai jam 11 duhh. Tapi gapapa, aku gak mau dibilang jahat kejam atau apalah, sama temen sendiri juga ga enak.

Akhirnya pun aku sama dinda ngademin diri ke masjid, di depan kita itu para wali yang lewat lewat rebutan ricuh rusuh pada antri absen sama dapet snack. Kita yang cuma asik ngliatin di depan sana e malah pak sur nyuruh kita buat bantuin bagiin snack. Okelaaah, amal bro amal.

*skip*skip* rapat udah selesai, tugas kita yang bagiin snack ke bejibun para wali juga udah kelar, finish. Dan kita juga dapet snack loh, lumayan laah ganjel perut. Dan saatnya, pembagian UTS brooo. Aku, dinda, dan ternyata disana juga masih ada temen-temen, ada arinda, tuin, alfina, siti, dan siapa lagi lupa. Pada nungguin di kelas masing-masing buat orangtuanya keluar dan membawa rapot hasil UTS itu. 

Duhhh ibukkk, aku gak pernah ngrasa setegang itu kalo penerimaan hasil UTS. Okelaaah pasti udah pastiii banget itu nilai bakalan ga bisa kebaca, hancur deh, jelasss. Daaan ternyata bener, orangtua keluar langsung aku minta rapotnya, dagdigdug… aku buka pelan, gak terlalu peduli sih sama nilanya, udah tau nilanya juga. Langsung ke bawah, “Peringkat kelas ke-13” dari 30 siswa, jedarrrr!! Berasa kayak kesetrum zzzz

Aku maluuu, maluuu banget. Malu sama temen-temen yang nilainya ajebajeb keren, dinda aja rangking 1  dan nilainya emang ekstrim ga bakal bisa ngejar, truss yang rangking 1 sekelasku siti, temen sekampung. Dulu kelas X aja masih bisa dapet 10 besar, nah ini… Jelassss sampe rumah mesti dibanding-bandingin sama  temen-temen yang pinter. Hadeehh, kemampuan saya emang cuma segitu pak! Aku udah gak terlalu mikirin nilai sama rangking. Tapi ya harus gimana lagi, selama baru jalan beberapa bulan di kelas 11 ini rasanya beraaat banget. Kita yang udah belajar mati-matian trus ngerjain ya kayaknya lancar lancar aja gitu tapi masih aja nilainya jelek. IPA brooo IPA, ah sok sok an masuk IPA padahal gak bisa apa-apa -_-


“Dreams dreams dreams!! When someone knocking you down, get up! Stand up! Reach your dreams!!” aaah kata-kata itu kayaknya malah semakin bikin down, target aja ga kecapai, so simple aja sih.. SUSAH