Untuk dia yang tak kusangka telah berani-beraninya
bermain-main denganku di dunia yang berbeda. Aku tak tahu harus menyebutnya ini
seperti apa, namun yang ku tahu dia ada disana. Di suatu hari yang sejuk
seperti sejuknya air mengalir melewati tenggorokan dan melepaskan segala
dahaga. Aku tak melarangnya datang, namun aku juga tak bisa memaksanya untuk
kembali. Aku harap aku akan selalu mengingatnya, dan bodohnya ternyata aku
melakukan hal yang lebih dari sekedar mengharapkan. Kau tahu? Aku bahkan
memaksa diriku untuk terus mengingatnya. Karena aku juga tak mau untuk
melupakannya, melupakan segala hal yang tak mungkin terjadi di duniaku dan
dunianya. Dan lebih bodohnya lagi, aku tak mengenalnya, seperti juga dia yang
tak mengenalku. Namun, dia lah yang memaksaku sehingga aku tergerak untuk
menuliskan tulisan ini karena aku sendiri pun sebenarnya sudah tak dapat lagi
menahannya, seseorang yang bahkan tak ku ketahui lebih dari siapa namanya. Aku
ingat waktu itu, di duniaku dan dunianya, di dunia yang nyata yang untuk
pertama kalinya aku mengenal siapa namanya. Ralat, maksudku… tahu, bukan
mengenal, sekali lagi… aku sama sekali tak mengenal dia. Ah, ternyata memang
aku harus memaksa untuk mengingatnya. Biarkan aku sedikit bercerita. “Nanti
kamu datang kan, dik?” Sungguh, aku sangat terkejut saat itu, sekitar satu
tahun yang lalu. Daya ingatku masih tinggi kan? Haha. Aku pun heran, aku tak
pernah memikirkan ini sebelum hal itu datang. “Tergantung sih, kak” Singkat,
ahh… aku sedikit kikuk waktu itu, untuk pertama kalinya aku berbicara dengan
dia. Masih dengan panggilan adik-kakak dan setelan seragam putih abu-abu dengan
sweater abu-abunya yang sering tak sengaja aku melihatnya, serta aku yang baru
kusadari betapa culunnya saat itu dengan tas ransel besar dan beberapa buku
pelajaran yang aku tenteng dengan berjalan sedikit lebih cepat setelah dia
berusaha menyamai jalanku, ah aku mengingatnya! Jikalaupun dulu aku tak
terpaksa mengikuti acara itu, akupun juga tak akan terpaksa mengenalnya sampai
sekarang, maksudku… akupun juga tak akan terpaksa mengetahui siapa namanya
sampai sekarang. Aku bersyukur! Aku ingin bergabung lagi dengan mereka, namun
egoku mengalahkan segalanya. Karena dengan mereka lah, alasanku untuk
mengetahui siapa namanya. Dan dengan tulisan tanpa tujuan dan basa-basa ini,
aku ingin mengingatnya lagi, bahwa lebih dari itu aku telah mengenalnya walau
di dunia yang berbeda, di dunia yang bahkan aku sendiri tak bisa mengiranya
akan datang.
-D
Review Back 3 Months Ago
Selamat datang
bulan Juli! Sudah beberapa bulan aku gak mampir disini ya, kangen curhat sama
blog ini hhe. Ada beberapa alasan dan hambatan dan juga cerita-cerita selama
beberapa bulan terakhir ini yang akan
aku jelaskan satu persatu disini, haduhh harus ngurek-urek memori otak lagi nih
haha.
Terakhir nulis
di blog ini sekitaran abis penerimaan hasil nilai mid semester 2, dan setelah
itu aku udah berusaha maksimal buat belajar terus. Ya walau ada banyak
hambatan, mulai dari keluarga, temen, sampai hambatan diriku sendiri. Jujur
usahaku waktu itu udah berada di titik puncak-puncaknya, bahkan sampai
tumpeh-tumpeh, maksudnya… titik puncak kemalesan. Kesimpulanku ada beberapa
faktor, dan satu yang paling berpengaruh itu karena capek, lelah, letih, sekali
lagi… m u l a i l e l a h.
Hampir tiap hari
aku ikutan tambahan belajar, di bimbel maupun tambahan belajar bareng sama
temen-temen. Aku udah ngrasa yang namanya titik puncak kejenuhan belajar
seorang siswa, tiap hari udah disuntik banyak materi ini itu, tugas dan ulangan
yang perharinya bisa sampai 3x udah kaya minum obat aja. Sampai-sampai rasanya
rumah cuma buat persinggahan sementara buat numpang tidur!
Sampai pada
akhirnya UAS, masih sama kek gitu. Bahkan, pas UAS nih tiap harinya aku sama
temen-temen dari pulang sekolah sampai malem pada belajar kelompok di sekolah,
tapi itu jadi salah satu momen terbaik yang bisa kita ceritakan kelak juga,
kita dulu masuk ke sekolah ini bareng, usahanya juga bareng, semoga nanti
keluarnya juga bareng ya. Tapi bener, waktu itu aku ngrasa bener-bener pada
titik puncak kejenuhan, juga ngrasa terharu juga sama usaha-usaha yang kita
lakukan bareng-bareng itu, usaha buat nguasain satu materi atau satu pelajaran,
dia yang udah bisa ngajarin dia yang belum bisa, dan sebaliknya, aku bersyukur
punya temen-temen kayak kalian XI IPA 4.
Nah sebelum
penerimaan rapor itu, seminggu sebelumnya kita bebas, ada beberapa lomba buat
classmeeting, yaitu ada lomba pengolahan sampah non organik, lomba video, lomba
fotografi, lomba futsal, dan lomba pengolahan bahan makanan non beras. Aku sama
ulfa yang mewakili kelas buat lomba pengolahan sampah non organik, rencana awal
sih buat tagiman, tapi jadinya malah amburadul -_-
Pas pengolahan
bahan makanan non beras juga jadi momen indah terakhir kelas, kita masak-masak,
buat brownies dari bahan utamanya ubi. Banyak yang mencibir, apalagi pas ada
kabar kalo kelasku itu dapet juara 1, “Buat roti gitu tok dapet juara? Haha”
you know, itu kata paling jlebb yang pernah aku denger, haha terserah kalian, terserah
apa kata mereka yang nggak ngrasain apa yang aku rasain, terserah apa kata
mereka yang gak ngrasain suasana yang bener-bener bakal kalian rasain kalo
kalian berada di kelas ini, terserah. Aku tetep stay on my class, dan aku
sayang sama mereka yang udah aku anggep keluarga keduaku itu :)
Dan lomba futsal
cowok-cowok udah berusaha keras, sampai pada akhirnya kita gak bisa nglawan
lebih lagi adik-adik kelas itu. Bukan kalah, tapi jadi runner up futsal. Dan
harus ngrelain piala classmeeting yang udah bertengger manis di meja guru di
kelas kita selama 1 semester yang akhirnya kita gagal mempertahankannya lagi.
Dan untuk lomba video, akhirnya aku pake video-video yang selama 1 tahun ini
aku ambil secara paparazzi. Awalnya kelasku itu gak ngerti kalau ada lomba
video, sampai H-1 kita baru ngerti dan gelagapan buatnya, tapi untung tinggal
ngedit sih, ditambahin dikit juga… ini nih, yang bakal jadi dokumentasi
kenangan kita selama setahun.
Finally,
penerimaan rapor. Sedikit cerita, aku waktu itu dateng sama ibuku yang ngambil
rapor. Awalnya ya kumpul sama temen-temen kelas di luar sekolah, trus aku sama
ulfa kabur menyendiri, karena ada sesuatu yang gak bisa aku ceritain disini dan
harus di sensor :D trus ibuku keluar, dan bawa rapornya. You know, hasilnya
itu……. Alhamdulillah. Ada beberapa mapel yang nilainya naik, ada juga yang
turun sih, dan Alhamdulillah rata-rata totalnya naik juga dari semester
kemariin. Tapiiii, rangkingnya aku turun drastis, sebenernya ini sepenuhnya
nggak kesalahanku kan, nilaiku udah naik kan, tapi emang temen-temenku aja yang
pada nambah semangat belajarnya :D gapapa, yang penting sekarang aku udah NAIK
KELAS 12, dan abis liburan bentar lagi aku resmi jadi SENIOR -_-
The last but not
least, selamat datang bulan suci ramadhan! Marhaban yaa Ramadhan :)
Miss Late
Diposting oleh
Ariesca Devy
on Kamis, 15 Mei 2014
Senin hari ini kelas gue lagi dapet giliran jadi petugas upacara,
XI IPA 4 yessss! Oh iya sebelumnya ada cerita yang lumayan nyebelin juga,
seperti biasa... gue telat. Ada beberapa alasan yang bisa gue pake karena
kenapa gue bisa telat, yang jelas dan yang paling umum adalah bangun kesiangan.
Oke karena minggu sore sampai malem itu mendung berangin sedikit gerimis,
dan yang jelas cuacanya jadi dingin, hawa-hawa gak enak, dan gue benci itu. Gue
biasa begadang sampai pagi cuma karena hal-hal gak jelas dan kepoin orang,
something wrong? Ya gue mulai sadar bener juga yang diomongin temen-temen
sekelas kalo gue orangnya kepoan maksimal, gak salah kan. Ada yang cerita
dikit, gue nanya, Ada apa? dibilang kepo, cmon gaes you
wrong, gak selamanya nanya apa-apa itu dibilang kepo, nah kalau udah mentok
darurat nanya yang penting banget gitu masih juga dibilang Huuuu, kepo luuu! nah sekarang siapa yang salah?
Other story, kalau ngomongin telat gue kayaknya dari dulu sampai
sekarang udah pengalaman banget ya, bener juga kata temen SMP gue dulu yang
ngasih gue julukan "Miss Late". Pernah suatu hari pas kelas 8 dan
peraturan masih ketat-ketatnya karena gue ikut program kelas Billingual, dan
ada tambahan jam pelajaran khusus buat kelas itu selama pagi dan sore, dan wtf
moment paginya itu masuk jam 6. Heyy mister what should I do then? The distance
between my home and school are more than 5 kms, so you want me come to school
on time before 6 o'clock? What time I should wake up then? Are you wanna kill
me slowly? Wanna you move my house to school? Sleeping at school? Or
dragged me to school by force? Apalagi gue ngonthel sepeda ke sekolah men! Tiap
hari seperti itu, yaaa walau temennya banyak sih, tapi gue beda... ya, gue
beda. Gue gak bisa bangun pagi. Gue gak bisa mandi cepet. Gue gak bisa kalau
gak sarapan. Gue gak bisa mandi kalau airnya gak anget. Gue gak bisa beresin
buku dan cari buku buat jadwal dengan cepet. Intinya gue LELET.
Nyepeda dari rumah ke sekolah sekitar 30 menit loh, dan gile aje
gue udah speed ngos-ngosan napas udah mau abis dan pastinya keringetan deres di
pagi hari itu gak enak, ditambah telat lagi gak enak, ditambah gak boleh masuk
kelas juga gak enak, ditambah dikasih hukuman lagi dan diketawain temen-temen!
Poor me guys! Gue udah dibilang handal kalo masalah hukum-hukuman karena telat
di jaman SMP dulu, Mister Wiyono nih judge nya, gue udah pernah disuruh nyapu
holre, halaman sekolah, bersihin kelas, dihukum bikin tugas, dihukum nulis
pernyataan "I will not late again" di kertas folio full, bersihin WC
selama seminggu, bersihin mushola, etc.
Dan unforgettable moment juga nih, pas gue telat... 2 kelas
dihukum! Huahaha *evil laugh* gue antara seneng, malu, geli juga! Gue yang
telat, mereka semua kena imbasnya. Mungkin karena Mister Wiyono udah kesel sama
gue dan temen-temen lain yang hobinya telat tiap hari, iya.... s e t i a p
h a r i ! Gak main-main, bukan 5-10 menitan, tapi setengah jam, ngehee
masuk jam 6 gue dateng setengah 7. Jadi beliau bikin peraturan baru kalau ada 1
yang telat, semua kelas program Billingual yang cuma ada 2 kelas itu wajib ikut
dihukum. Dan waktu itu, hukumannya adalah... mungutin sampah yang ada di setiap
sudut dan dibawa pake mulut dan digiring ke kelas-kelas lain full satu sekolah
dikelilingin berjejer sambil bawa sampah itu! Haha serasa karnaval men! Iya,
kayak sarimin pergi ke pasar gitu ditonton orang banyak, tapi sebenernya sih
ini gak cuma karena ada yang telat, tapi juga karena sampah di atas yang
menggunung gak dibuang ke bawah, kan bau.
Gue juga pernah telat lagi, dan parahnya… ini pas Ujian Nasional
alias UN. Waktu itu gue sering tiap hari berangkat bareng Inung, temen gue dari
masuk SMP, tapi gue kenal deketnya baru kelas 9 karena emang gak pernah sekelas
pas kelas 7 sama kelas 8. Inung itu… hmm, gimana ya, dia itu sebenernya
friendly kok, cuma emang kalo orang yang pertama kali liat dia pasti langsung
beranggapan kalau dia itu cuek, jutek, judes. Ya, she is! Itu uniknya dia. Gue
sama Inung sejak masuk kelas 9 itu hampir tiap hari berangkat bareng, biasanya
sih dia yang nungguin gue di deket lorong rumahnya, haha.
Back to story, waktu itu gue entah kenapa bisa telat, padahal udah
di jadwal dan di kira-kira kalo berangkat jam segini, nyampe sekolah jam
segini, dan kemungkinan gak akan telat. Tapiiii, gue dari rumah berangkat ya
santai aja, tau-taunya nyampai lorong rumahnya inung itu dia kesel gitu, udah
nunggu katanya sih gue lama, tuh kan… dia setia banget ya pas sering nungguin
gue berangkat bareng. Dia bilang, katanya kita bisa telat, masa iya? Gue dari
rumah ngrasa biasa aja. Dan benerrr, gue sama Inung terus ngebut speed banget
udah full speed keringetan ngos-ngosan. Daaaann, sampai sekolah udah sepi,
gerbang yang biasanya dijaga sama guru udah gak ada gurunya, masa gue telat pas
UN? Ooooo. Gue terus lari-larian ke ruangan kelas tempat gue UN, dan
Alhamdulillah wasyukurillah pas gue masuk itu lagi pada berdoa, hampirrrr
telat. Kalo telat pas UN kan berabe lagi urusannya, haha.
Daan kembali ke pol awal, cerita gue pas telat terulang kembali
pas kelas gue lagi giliran jadi petugas upacara di SMA 1 Blora. Gue dari rumah
udah ngrasa telat, karena emang bangun kesiangan, dan lagi ditambah gue harus
bawa banyak botol air dingin buat tugas ketrampilan HI. Gue sampai sekolah
gerbangnya udah ditutup, gerbang parkiran cina juga udah ditutup, dan akhirnya
gue parkir di depan gerbang parkiran itu. Trus mas-masnya marah ke gue masa,
dia nyuruh gue bawa motornya masuk lewat pintu biasa, katanya kalo motor gue
taruh di depan gerbang ntar ilang dicolong orang gak ada yang tanggung jawab,
yaelah -_-
Terus gue setengah lari-larian buat masuk sekolah, disana
anak-anak udah pada baris, ada yang ngejekin gue karena telat. Dan akhirnya gue
segera lari ke dapur buat naruh itu botol-botol sama nitipin tas gue. Dan
akhirnya gue emang telat dikit, upacara belum mulai Alhamdulillah, tapi tetep
kena omelan dari temen-temen. Yaah, gapapa, masa sekolah kalau gak ada
nyeleneh-nyelenehnya itu gak asik, yekan? :D
